DKI Jakarta

pbwashliyah@gmail.com

IndonesianArabicThaiEnglishChinese (Simplified)

Peran Kader Al Washliyah Kabupaten Aceh Barat Dalam Penguatan Syariat Islam dan Moderasi Beragama

ACEH BARAT – Pengurus Daerah Al-Jam’iyatul Washliyah Aceh Barat menyelenggarakan seminar di Aula Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat pada Selasa, 19 September 2023 / 4 Rabi’ul Awwal 1445.

Seminar yang bertema Peran Kader Al Jam’iyatul Washliyah dalam Penguatan Syariat Islam dan Moderasi Beragama menghadirkan peserta dari kalangan Pengurus Al Washliyah, masyarakat dan mahasiswa.

Turut hadir dalam seminar tersebut perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, perwakilan pemerintah daerah, mahasiswa, tokoh pendidikan dan tokoh agama.

Ketua Panita, Sumardi Efendi, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan seminar ini diselenggarakan dalam rangka penguatan kesadaran syariat dan moderasi beragama.

Sementara itu Ketua PD Al Washliyah Aceh Barat, Desi Jumaidir S,Pd.,M.Si menyatakan bahwa Kader Al Washliyah harus menjadi elemen penting dalam mendukung kebijakan pemerintah yaitu implementasi syari’at Islam dan moderasi beragama.

“Ini sejalan dengan visi dan pandangan hidup Al-Jam’iyatul Washliyah yang berkeislaman dan moderat sebagai organisasi perekat persatuan umat.” Pungkasnya

Acara dibuka oleh Teungku Edy, sebagai perwakilan Kantor Kementerian Agama Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Teungku Edy menyampaikan harapan bahwa acara ini akan memberikan manfaat pengetahuan. Dalam hal ini, baik syari’at Islam dan moderasi beragama sama-sama harus dikawal dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Moderasi beragama yang terpenting harus dimulai dari moderasi inter-agama, khususnya agama Islam. Perbedaan harus disikapi dengan bijak dan tidak mudah menyulut konflik.” Ujarnya

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar dengan pemateri Dr. H. Herman, MA (Ketua Dewan Penasehat Al Jam’iyatul Washliyah Aceh Barat) dan Dr. Bakhtiar, M.Pd (Pengurus Rumah Moderasi Beragama STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Meulaboh).

Dr. H. Herman, MA dalam materinya menyampaikan materi Peran Kader Al Washliyah Dalam Penguatan Syariat Islam. Beliau menyampaikan, peran kader Al Washliyah tidak boleh lepas dari visi yang diemban Al Jam’iyatul Washliyah, yaitu berjuang mengembangkan washilah, maksudnya memperkuat syariat Islam, melalui 3 (tiga) misi, yaitu kegiatan dakwah, kegiatan pendidikan dan kegiatan amal sosial.

Dr. Bakhtiar, M.Pd menyampaikan materi Ormas Islam Pelopor Moderasi Beragama di Masyarakat, Keberadaan ormas Islam tidak terlepas dari tujuan hidup umat Islam untuk menjalankan, memelihara dan mendakwahkan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya.

Hal ini menjadi tanggung jawab sosial ormas Islam sebagai garda depan kehidupan keagamaan uamat Islam di tengah masyarakat.

Di akhir kegiatan dikukuhkan panitia pengadaan tanah Markaz Dakwah Al Jam’iyatul Washliyah Aceh Barat. (rilis/luthfi)

lihat lebih banyak lagi

Suhu 48 Derajat, Jemaah Diimbau Tidak Lontar Jumroh Sebelum Pukul Empat Sore

MINA - Suhu mencapai 48 derajat celcius melanda di Mina, Arab Saudi pada hari Senin 17 Juni 2024/11 Zulhijjah 1445 H. Petugas Penyelenggara Ibadah...

Raja Doa Bersama Tokoh Washliyah Untuk Almarhum Wizdan Fauran Lubis

RAJA FANNY FATAHILLAH, SS, M.Si, putra Keetua Umum PB Al Washliyah, juga bakal calon Bupati Labuhan Batu, Sumatera Utara, bersama masyarakat, ulama, khalifah dan...

Pentingnya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

DALAM era pendidikan modern yang dinamis dan terus berkembang, peran guru sebagai pendidik profesional menjadi semakin krusial. Guru tidak hanya bertindak sebagai penyampai informasi...

PP HIMMAH Adakan Rapat Bentuk Panitia Muktamar

JAKARTA -Pengurus Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PP HIMMAH) menggelar rapat pembentukan Panitia Pelaksana Muktamar XI HIMMAH. Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Lt...