DKI Jakarta

pbwashliyah@gmail.com

IndonesianArabicThaiEnglishChinese (Simplified)

Al Washliyah Itu Apa?

Bismillahirrohmanirrohim

Firman Allah SWT:

Artinya: Wahai orang-orang beriman, maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” [QS As-Shaff 61 ayat 10-11).

Al Washliyah Itu Apa?

Al Jam`iyatul Washliyah, disingkat dengan nama Al Washliyah adalah organisasi kemasyarakatan Islam, yang dididikan pada 30 November 1930, bertepatan 9 Rajab 1349 Hijriyah di Kota Medan, Sumatera Utara.

Al Washliyah lahir ketika bangsa Indonesia masih dalam masa penjajahan Hindia Belanda [Nederland Indie], Bangsa Indonesia belum merdeka dan masih dalam cengkaraman penjajah, karena itu, Al Washliyah berdiri didasari untuk melepas belanggu penjajah, dengan cara melawan kolonial Belanda, sehingga banyak tokoh-tokoh Al Washliyah yang gugur dalam perjuangan Kemerdekaan RI.

Tujuan utama berdirinya Al Washliyah adalah untuk memerdekakan Indonesia dengan cara mempersatuan umat Islam. Oleh sebab itu organisasi Islam ini bermakna menghubungkan [menyatukan kembali. Tokoh dan pendiri Al Washliyah adalah pelajar dan pengasuh Maktab Islamiyah Tapanuli [MIT], Medan, Sumatera Utara, antara lain, Abdurrahman Syihab, Ismail Banda, M.Arsyad Thalib Lubis, Yusuf Ahmad Lubis dan Adnan Nur Lubis. Nama Al Washliyah diberikan oleh ulama besar Sumatera Utara yang bernama Syekh H.Muhammad Yunus.

Keberadaan Al Washliyah sebagai organisasi Islam berdasarkan pada hak hukum menurut penetapan Menteri Kehakiman tanggal 17 Oktober 1956, Nomor: J-A-/74/25, yang telah diperbaharui sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 9 Mei 2006, Nomor:C-20.HT.01.06.TH.2006 dan tercatat dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor 101 tanggal 19 Desember 2006.

Diperbaharui lagi dengan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-19.AH.01.08 tahun 2015 tentang persetujuan perubahan tempat kedudukan, tanggal 2 April 2015. Kemudian diperbaharui lagi dengan surat keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-000328.AH.01.08 Thaun 2019 tentang persetujuan perubahan tempat kedudukan tanggal 9 April 2019.

Nama dan logo Al Jam`iyatul Washliyah juga telah dipatenkan sesuai dengan surat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI c/q Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, nomor pendaftaran: 036639 diumumkan pada tanggal 20 September 2006 di Jakarta.

Al Washliyah adalah organisasi kemasyarakatan Islam, bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Organisasi ini berasas Islam, beriktikad Ahlus Sunnah Wal Jamaah, dalam fiqh bermazhab Imam Syafii.

Al Washliyah bertujuan menegakkan ajaran Islam, amar ma`ruf dan nahi munkar untuk terciptanya masyarakat beriman, cerdas, amanah, adil dan makmur dalam kerangka NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945 yang diridhoi Allah SWT.

Al Washliyah adalah organisasi yang bersifat independen. Secara organisasitoris tidak memihak kepada partai politik tertentu, atau mendukung kelompok tertentu.

VISI

Visi menjadikan Al Jam`iyatul Washliyah sebagai organisasi berkualitas, produktif, menjangkau seluruh wilayah Indonesia agar mewujudkan hablum minallah wa hablum minannas dan terciptanya negara yang baldatun thoyyibatun wa Robbun Ghafur.

MISI

Al Jam`iyatul Washliyah bertekad membina dan membangun umat, masyarakat dan bangsa Indonesia yang berakhlakul karimah, sumber daya manusia [SDM] yang berkualitas dan dalam kehidupannya mampu melaksanakan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

AMAL ITTIFAQ

Amal ittifaq Al Washliyah adalah:

  1. Pendidikan
  2. Dakwah
  3. Amal Sosial
  4. Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Al Washliyah sudah berada di 32 wilayah provinsi se-Indonesia, [data tahun 2022]. Al Washliyah memiliki lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Anfal [RA] sampai SMA/SMK/Aliyah/Qismul Ali,SMP/Tsanawiyah sebanyak 714 unit. Perguruan Tinggi/Universitas sebanyak 14 unit, 9 panti asuhan dan beberapa unit Bank Perkreditan Rakyat Syariah [BPRS] serta koperasi Syariah.

ORGANISASI BAGIAN

Al Washliyah memiliki organisasi Bagian yaitu:

  1. Muslimat Al Washliyah [MA] lahir tanggal 12 Januari 1935.
  2. Gerakan Pemuda Al Washliyah [GPA], lahir 11 Januari 1944
  3. Angkatan Puteri Al Washliyah [APA], lahir 14 Juni 1947.
  4. Ikatan Pelajar Al Washliyah [IPA], lahir 30 November 1953.
  5. Himpunan Mahasiswa Al Washliyah [HIMMAH], lahir 30 November 1959.
  6. Ikatan Sarjana Al Washliyah [ISARAH], lahir 22 Oktober 1966
  7. Ikatan Guru dan Dosen Al Washliyah [IGDA], lahir 15 Februari 1966.

Secara tegas dinyatakan bahwa Al Washliyah, yang kini berusia menjelang 92 tahun [1930-2022] merupakan organisasi Islam, yang memperjuangkan kehidupan umat Islam Indonesia. Karena itu, andil organisasi Al Washliyah ini cukup besar dalam merebut Kemerdekaan RI. Sejarah tidak boleh memungkiri hal ini, sebab organisasi Al Washliyah yang didirikan oleh kaum muda yang saat itu masih berstatus pelajar, tapi memiliki visioner yang cukup jauh menembus kehidupan berbangsa dan bernegara.

Al Washliyah bergerak dari titik siar Sumatera Bagian Utara. Kini Al Washliyah sudah menembus persada nusantara, bahkan merambah ke dunia internasional. Kader Al Washliyah ada di mana-mana, namun tidak akan membawa Al Washliyah ke mana-mana.

Hiduplah Al Washliyah dari zaman ke zaman. Mulai dari zaman kolonial Belanda sampai dengan era reformasi seperti sekarang ini. Usia Al Washliyah telah 92 tahun [November 2022], itu berarti usianya sudah lebih tua dari usia Kemerdekaan RI. [****/sir]

lihat lebih banyak lagi

Sekolah, Madrasah dan Panti Milik Washliyah Akan Dipasangi Plang Nama

SENTUL - Sekolah, madrasah, panti asuhan, kantor, kampus milik organisasi Al Washliyah segera dipasangi plang nama. Hal tersebut dilakukan sebagai realisasi penertiban asset...

Presiden Terpilih Prabowo Subianto Diharapkan Berkenan Membuka Rakernas Al Washliyah

SENTUL - Pengurus Besar Al Washliyah mengharapkan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dapat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Al Washliyah II yang Insya Allah diselenggarakan...

Pertemuan Silaturahim PB Al Washliyah di Sentul

SENTUL - Pada tanggal 21 Juli 2024, Pengurus Besar (PB) Al Jam’iyatul Washliyah telah mengadakan acara Rapat Pengurus Harian dan Silaturrahim di Bumi Gumati...

Ketum PB: Kemah Nasional Pramuka Sebagai Upaya Membesar Al Washliyah

JAKARTA - Rencana pelaksanaan kemah nasional Pramuka Al Washliyah, yang insya Allah digelar pada 25,26 dan 27 Oktober 2024, menurut Ketua Umum PB Al...