DKI Jakarta

pbwashliyah@gmail.com

IndonesianArabicThaiEnglishChinese (Simplified)

Malam Pertama Salat Tarawih, Jemaah Masjid Membludak

JAKARTA – Umat Islam Indonesia memadati masjid dan surau untuk menunaikan ibadah Salat Tarawih malam pertama di berbagai pelosok tanah air. Jemaah membludak memadati masjid bahkan sampai ke serambi rumah suci tersebut.

Pantauan wartawan di Masjid Istiqlal, sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, nampak jemaah yang berasal dari kawasa Jakarta dan sekitarnya memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (11/3/2024) malam atau 1 Ramadhan 1445 H.

Suasana ibadah Salat Tarawih di Masjid Istiqlal berlangsung dengan khidmat dan khusuk. Puluhan ribu jemaah mengisi seluruh saf yang tersedia di dalam masjid, yang belum lama ini dipugar oleh badan pengelola masjid.

Di tempat berbeda, jemaah memadati Masjid Raudhatul Jannah, RW 32 Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Meski cuaca sejak siang hari mendung, namun tidak menyurutkan niat jemaah untuk datang ke masjid, diawali dengan Salat Maghrib dan Salat Isya berjemaah.

Selain jemaah usia lanjut, Salat Tarawih malam pertama itu juga dipadati oleh anak usia sekolah dan remaja. Panitia sibuk mengatur barisan jemaah di peralatan masjid, termasuk jemaah wanita yang disediakan temoat khusus.

Setengah jam kemudian, setelah jemaah bubaran dari masjid, hujan turun mengguyur kawasan perumahan tersebut, sementara kegiatan di masjid akan ditingkatkan frekuensinya selama Ramadhan, termasuk kajian dan buka buasa gratis bersama.

Berdasar catatan, pada awal bulan puasa, jemaah salat Tarawih padat di mana-mana, namun memasuki minggu ketiga dan keempat, suasana masjid mulai berkurang. Banyak masjid kehilangan jemaahnya karena sudah banyak di mal atau pusat belanja, atau di tengah perjalanan mudik menuju daerah asal. Dengan demikian kepadatan terjadi sebaliknya, di pusat belanja atau di bandara, pelabuhan, stasiun atau di seputaran SPBU. (sir)

lihat lebih banyak lagi

Perang Iran-Israel: Bara Api yang Akan Padam atau Makin Meluas?

SEMUA bermula ketika Israel menyerang sebuah fasilitas yang ada di area gedung diplomatik Iran di Suriah. Peristiwa itu adalah serangan terhadap Konsulat Iran di...

Al Jam’iyatul Washliyah Berduka

Pimpinan washliyah.or.id dan kabarwashliyah.com beserta staf redaksi turut berduka: Atas wafatnya bapak/sahabat, Drs. H. Basirussyawal Nasution (69 tahun) Wakil Ketua PW Al Washliyah Sumut. Kamis...

Gema Takbir Berkumandang, Lebaran Tahun Ini `Kompak`

JAKARTA - Gema takbir berkumandang malam ini dari berbagai pelosok tanah air, selepas pengumuman pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag), sementara pada sidang isbat (penetapan)...