DKI Jakarta

pbwashliyah@gmail.com

IndonesianArabicThaiEnglishChinese (Simplified)

Resensi Buku: Dari Tanah Deli Untuk Negeri: Historisitas, Religiusitas dan Nasionalisme GPA

BUKU berjudul Dari Tanah Deli Untuk Negeri: Historisitas, Religiusitas dan Nasionalisme Gerakan Pemuda Al Washliyah merupakan buah karya Dr. Ja’far, MA. Penulis buku ini dikenal sebagai ilmuan dan akademisi yang konsisten dalam menulis.

Karya-karya beliau diketahui konsen dalam bidang Al Washliyah Studies. Sangat jarang sekali kita jumpai sosok seperti beliau yang gigih dan tekun dalam mengkaji sebuah organisasi Islam secara komprehensif sampai ke akar-akarnya.

Buku ini mengkaji tentang sejarah, paham keagamaan serta nasionalisme Gerakan Pemuda Al Washliyah, disingkat GPA. Di antara kelebihan buku ini adalah pertama ditulis oleh pakarnya, yaitu Dr. Ja’far, MA yang notabene merupakan ilmuan dan akademisi yang konsisten mengkaji Al Washliyah.

Kedua, buku ini ditulis berdasarkan sumber primer dan dokumen-dokumen resmi organisasi sehingga tingkat akurasi data dalam buku ini patut diapresiasi dan bisa dipertanggungjawabkan. Ketiga, buku ini memberikan nuansa akademik yang berbeda karena beberapa alasan akademik turut dituliskan bersamaan dengan narasi kegelisahan akademik yang rasional.

Keempat, buku ini tidak hanya sekadar menuangkan narasi semata melainkan deskripsi ringan dan penuh makna sehingga pembaca dibawa ke dalam arus sejarah yang sangat mengesankan. Kelima, rentetan biografi singkat tokoh-tokoh GPA memberikan informasi yang signifikan terhadap pengembangan kajian terkait tokoh GPA.

Selanjutnya buku ini juga memiliki kelemahan meskipun tidaklah berarti kelemahan ini dipandang sebagai sesuatu yang tidak baik melainkan karena keterbatasan ruang dan waktu saja. Misalnya, kesulitan sumber informan serta dokumen yang terserak merupakan bukti betapa keseriusan pengurus dalam mendokumentasikan sumber dan dokumen terkait organisasi ini menjadi perhatian serius.

Waktu yang singkat dalam mengumpulkan dan mengelaborasi dokumen menjadi sebuah titik tolak loncatan jauh ke depan dalam penulisan dan penyempurnaan karya ini. Nampaknya perlu support yang ekstra terhadap kegigihan penulis dalam mengelaborasi lebih lanjut, apalagi terkait deskripsi tokoh-tokoh GPA yang diketahui masih dalam narasi singkat belaka.

Terakhir, buku ini sesungguhnya memiliki kekhasan dan kemuktahiran. Kekhasannya terlihat dari gaya penulis dalam menggoreskan tinta melalui redaksi yang ringan, sederhana dan mudah dipahami. Sumber primer yang digunakan menunjukkan bahwa buku ini sesungguhnya mutakhir.

Artinya, dengan rujukan yang langsung bersumber dari sumber aslinya atau paling tidak dekat dengan objek pembahasannya menunjukkan betapa buku ini sesungguhnya mutakhir. Begitulah kira-kira yang saya pahami sebagai seorang yang fokus di bidang sejarah. Sebagai sebuah karya monumental, saya merekomendasikan kepada siapa saja yang peduli, berminat untuk menggali dan mengkaji, mengelaborasi serta mendeskripsikan lebih jauh, silahkan untuk membaca buku ini.

Buku yang sangat dinantikan kehadirannya, apalagi para pemerhati Al Washliyah, khususnya aktivis GPA. Nashrun minallâh wa fathun qarîb, wabasysyiril mu’minîn.

Dr. Zaini Dahlan, M.Pd.I.

  • Dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
  • Wakil Ketua Lembaga Kajian Strategis Al Washliyah Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Periode 2021-2026

lihat lebih banyak lagi

Suhu 48 Derajat, Jemaah Diimbau Tidak Lontar Jumroh Sebelum Pukul Empat Sore

MINA - Suhu mencapai 48 derajat celcius melanda di Mina, Arab Saudi pada hari Senin 17 Juni 2024/11 Zulhijjah 1445 H. Petugas Penyelenggara Ibadah...

Raja Doa Bersama Tokoh Washliyah Untuk Almarhum Wizdan Fauran Lubis

RAJA FANNY FATAHILLAH, SS, M.Si, putra Keetua Umum PB Al Washliyah, juga bakal calon Bupati Labuhan Batu, Sumatera Utara, bersama masyarakat, ulama, khalifah dan...

Pentingnya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

DALAM era pendidikan modern yang dinamis dan terus berkembang, peran guru sebagai pendidik profesional menjadi semakin krusial. Guru tidak hanya bertindak sebagai penyampai informasi...

PP HIMMAH Adakan Rapat Bentuk Panitia Muktamar

JAKARTA -Pengurus Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PP HIMMAH) menggelar rapat pembentukan Panitia Pelaksana Muktamar XI HIMMAH. Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Lt...